Search

IMLEK-an Di Rumah Aja bareng Radjawali SCC dan Sanggar Iswara

Spesial IMLEK : OPERA JAWA – SAMPEK ENGTAY

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek, Live in theatre edisi kali ini, Radjawali SCC berkolaborasi dengan Sanggar Iswara mementaskan pertunjukan Opera Jawa : Sampek Engtay.

Ada banyak versi kisah Sampek Engtay yang sudah dipertunjukan. Kali ini kami mengangkat tema “Opera Jawa”. Tidak hanya dialog percakapannya menggunakan Bahasa Jawa, tetapi pertunjukkan ini juga diiringi dengan gamelan jawa. Tujuannya adalah untuk menggabungkan 2 jenis kebudayaan yaitu kebudayaan Tionghoa dan Jawa. Meskipun dibawakan dengan versi berbeda tidak mengurangi benang merah dari kisah ini,yaitu kisah cinta sejati antara Sampek dan Engtay.

Kisah Sampek Engtay mengajarkan bahwa perempuan bukanlah soal keterbelakangan, perempuan bukanlah kata yang tepat bila disandingkan dengan ketertinggalan, apalagi ketidakberdayaan. Itu hanya perkara pilihan, perempuan punya hak yang sama akan segala hal, mulai dari pendidikan atau bahkan cinta. Karena ketinggian akal mereka mampu menggapai segala logika. Dan kedalaman hati mereka mampu memahami berbagai rasa, tarmasuk Cinta. Meski terhalang ruang dan waktu keyakinnya untuk bersatu akan slalu abadi, meski di lain dimensi. Sampek Engtay bukanlah sekedar roman picisan, krn di dalamnya tersimpan banyak pesan kehidupan yang tak akan lekang oleh zaman.

Penasaran dengan kisah lengkapnya?Saksikan Live in Theatre “Opera Jawa -Sampek Engtay” hanya di Youtube Channel Radjawali SCC pada tanggal 11 Februari 2020 pukul 20.00 WIB. Selamat Tahun Baru Imlek Gong Xi Fa Chai

Leave a Comment