Search

Konser Harmoni Keroncong & Kebaya - Hari Kartini

Bulan April khususnya tanggal 21 merupakan hari bersejarah bagi kaum perempuan di Indonesia, karena pada tanggal 21 April merupakan hari lahir Pahlawan Emansipasi Wanita asal Indonesia yaitu Raden Ajeng Kartini. Konser Harmoni Keroncong dan Kebaya merupakan persembahan khusus Radjawali SCC dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2021. Konser ini merupakan hasil kolaborasi Radjawali SCC bersama sosok Sruti Respati, Keroncongisasi, Ikatan Mas Mbak Jateng, Rory Wardana, LT Pro, dan Sany Setiawan.

Penampilan edisi kali ini sangat special karena seorang Sruti Respati yang  merupakan penyanyi asal Surakarta yang dalam hampir setiap penampilannya selalu mengenakan kebaya berkenan untuk menjadi bintang utamanya. Penyanyi bergenre keroncong jazz ini membawakan 3 buah lagu dengan iringan manis dari Keroncongisasi yang juga merupakan grup asal Surakarta pula.

Keindahan music keroncong dan suara merdu Mbak Sruti Respati semakin menjadi elok dengan balutan kebaya Rory Wardana seorang desainer pria asal Solo yang kali ini tidak hanya membuatkan baju untuk Sruti, tetapi juga untuk para model dari Ikatan Mas & Mbak Jawa Tengah. Ikatan Mas & Mbak Jawa Tengah merupakan wadah perkumpulan para Duta Wisata di Jawa Tengah. Adapun kelima model yang hadir di konser ini adalah Bunga Alivia (Mbak Kudus 2018 , Miss Indonesia Jawa Tengah 2019), Bella Fedora (Mbak Kab Semarang 2018, Finalis Mbak Jawa Tengah 2018), Sekar Salsabila (Mbak Sukoharjo 2019, Wakil 1 Mbak Jateng 2019), Safira Hasna (Mbekayu Banyumas 2019, Wakil 2 Mbak Jateng 2019), dan Novia Rahmawati (Puteri Kebudayaan Jawa Tengah 2018). Keanggunan Mbak Sruti dan 5 model Mbak Jawa Tengah dipertajam oleh goresan makeup LT Pro dan tata rambut dari Sany Setiawan.

 

Berbagai macam jenis kebaya dikeluarkan Rory dalam 3 tampilan kali ini, dan seluruhnya bertema Indonesia. Kita bisa bersama melihat kebaya khas Jawa, Sumatera, dan beberapa daerah lain dengan kain batik khas Jawa Tengah, kain tenun dan jenis kain lainnya termasuk tapis Lampung.

Melalui tayangan video ini kita juga dapat melihat seperti apa pendapat Sruti Respati dan kelima model tentang sosok RA Kartini dan apa saja harapan-harapan yang disampaikan.

 

Penasaran seperti apa Konser Harmoni Keroncong & Kebaya ini? Saksikan hanya di youtube channel Radjawali SCC 21 April 2021 pukul 20.00 WIB.

 

Selamat merayakan Hari Kartini, tetap semangat dan bangkit untuk kaum perempuan Indonesia.

Leave a Comment