Search

Konser Melodi Asli Indonesia - Hari Musik Nasional

Konser Melodi Asli Indonesia special Hari Musik Nasional persembahan Radjawali SCC, JAS Official, dan Sanggar Nyi Pandansari.

 

Hari Musik Nasional adalah peringatan hari musik yang setiap tahunnya diperingati tanggal 9 Maret, sekaligus untuk merayakan hari kelahiran pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman. Peringatan hari music ini pertama kali dicetuskan pada era pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri tepatnya pada tahun 2003 namun baru diresmikan di tahun 2013 pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Pada LiveinTheatre edisi Maret 2021 ini, Radjawali mempersembahkan sebuah sajian pertunjukkan dengan tajuk Konser Melodi Asli Indonesia yang akan menampilkan beberapa lagu daerah di Indonesia seperti Aceh, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Kalimantan, Bali, NTB, dan Papua. Kali ini Radjawali SCC berkolaborasi dengan JAS Official sebagai penyanyi dan Sanggar Nyi Pandansari sebagai penari untuk menambah semaraknya konser kali ini.

 

JAS Official merupakan sebuah komunitas di Semarang yang berisi para penyanyi-penyanyi muda yang sudah kerap kali mengikuti festival menyanyi baik tingkat Nasional maupun Internasional. Dan kali ini Jas Official membawa serta 6 anggotanya untuk menyanyi lagu-lagu daerah asli Indonesia. Keenam penyanyi yang tampil pada pertunjukkan kali ini adalah Jessica Oerip Hidayat, Gracelyn Jessica Christie, Jennifer Christyna Sutjipto, Vanessa Mellie, Nadia Putri Oktaviana Sari, Farras Nurrana Bakhtiar. Dari segi prestasi, ke 6 penyanyi ini masing-masing pernah mengikuti dan menjuarai festival di tingkat nasional dan internarsional. Jessica pada tahun 2019 meraih Gold Award pada Asia Pacific Art Festival; Gracelyn siswi kelas 8 SMP ini pada tahun 2020 meraih Gold Award Sopravista International Online Festival Italy; Vanessa atau yang kerap disapa Vanya pada tahun 2020 meraih 1st Degree Laureate Gold Medal Folk Vocals Sopravista International Online Festival Italy; Jennifer selain berprestasi dibidang Tarik suara juga pernah mendapatkan Gold Award Asia Pacific Art Festival 2019 kategori Piano di Vietnam, sekaligus diajang dan tahun yang sama juga memperoleh Gold Award dibidang menyanyi; Farras yang masih berumur 11 tahun pun sudah memperoleh Silver Award Pop Vocal Kids Category Big Ben International Online Music Competition 2020; Nadya gadis berusia 19 tahun ini kerap menjadi pembuka acara seni di Jogja dan Blitar Jawa Timur.

Selain JAS Official pimpinan Hafid Bahtiar yang selain seorang guru vocal juga merupakan dosen di Universitas Negeri Semarang, LiveinTheatre kali ini, kami juga menggandeng Sanggar Nyi Pandansari untuk memeriahkan panggung Radjawali. Sanggar Nyi Pandansari adalah sanggar tari yang berasal dari Boja Kabupaten Kendal. Sanggar ini dipimpin oleh Mas Septa dan Mbak Aprysca yang memang sudah bersama-sama menggeluti dunia tari sejak jaman kuliah.

Perpaduan tampilan JAS Official dan Nyi Pandansari terlihat semarak dengan ditunjang display multimedia yang terpampang di layer LED Radjawali SCC dengan sorotan warna-warni lampu yang dipertegas dengan efek gas smoke. Kostum bernuansa Indonesia yang dipakai oleh para penyanyi dan penari pun juga mempertegas tampilan asli Indonesia di episode kali ini.

Penasaran seperti apa Konser Melodi Asli Indonesia ini ? Jangan lewatkan pada 9 Maret 2021 pukul 20.00 WIB di channel Youtube Radjawali SCC tepat saat peringatan Hari Musik Nasional.

 

Selamat Hari Musik Nasional, jayalah terus musik Indonesia!

 

Leave a Comment